Fakta Tentang Bedah Plastik

Posted by apri Puk on Monday, 23 April 2012


     Kata Bedah plastik mungkin sudah sering kita dengar. Sering diberitakan di televisi tentang para artis yang melakukan bedah plastik untuk memperbaiki penampilan atau menambah daya tarik dari penampilan mereka. Menurut Wikipedia, Bedah Plastik merupakan suatu cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran.

     Kira-kira kenapa harus menggunakan kata plastik ya, apakah dalam proses operasi nya para dokter menggunakan plastik sebagai bahan operasi. Tentunya tidak seperti itu dong, kata plastik sebenarnya diambil dari kata yunani yaitu Platikos yang berarti “Membentuk”. Jadi jangan sampai salah arti bias bahaya nanti.
  
     Jenis bedah plastic pada umumnya dibagi menjadi 2 yaitu Pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk kosmetik. Saat ini terdapat 7 jenis bedah plastik yang banyak dinikmati, yaitu: Bedah Kraniofaisal, Bedah Mikro, Bedah Tangan, Luka bakar, Rekonstruksi Pascaablasi Tumor, Bedah Genitalia Eksterna, dan Bedah Estetika.

     Bedah Plastik di Indonesia sendiri dirintis oleh Prof. Moenadjat Wiratmadja yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Sebagai Spesialis Bedah. Pada Tahun 1958, Beliau melanjutkan pendidikan bedah plastik di Amerika Serikat selama setahun. Pulang dari Amerika, beliauu mulai mengkhususkan diri dalam memberikan pelayanan pada umum dan pendidikan bedah plastik pada mahasiswa dan asisten bedah di FKUI/RSCM.

     Itulah sedikit cerita tentang bedah plastik. Tentunya bedah plastik dapat dibenarkan asal dilakukan dengan benar dengan tujuan yang baik pula. Banyak sekali terjadi kegagalan dari operasi plastik yang dilakukan tanpa tuntunan atau ahli yang professional. Jadi sebelum melakukan operasi plastik pastikan kita tahu prosedur yang benar agar tidak menyesal kemudian hari.

Sumber: wikipedia

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment